5 KOTA TERNYAMAN DI INDONESIA YANG COCOK UNTUK DIJADIKAN HUNIAN 2021

On Thursday, 29 Jul 2021   Oleh Angkut Admin   Blog

Indonesia terkenal sebagai negara banyak pulau. Oleh karena itu dalam 1 pulau juga terdapat banyak kota. Dari sekian banyaknya kota di Indonesia, 5 kota berikut ini mendapat predikat sebagai kota ternyaman di Indonesia menurut IAP (Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia) pada tahun 2021. Sehingga tim ANGKUT merekomendasikan kota-kota berikut ini menjadi pilihan yang cocok untuk dijadikan tempat hunian. Kira-kira apakah kotamu termasuk didalamnya? Mau tahu? Dibaca sampai habis yaa!

KOTA-KOTA TERBAIK DI INDONESIA YANG COCOK UNTUK DIJADIKAN HUNIAN

  1. Solo, Jawa Tengah

solo kota ternyaman pindahan angkut

Pada tahun 2021 kota Solo mendapatkan predikat kota ternyaman di Indonesia dari Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) dengan nilai perolehan yaitu sebesar 66,9 persen. Adapun luas wilayahnya mencapai 44,02 km² dengan jumlah penduduk sekitar 575.230 jiwa (2019). Infrastrukturnya juga sudah mengalami banyak perkembangan diantaranya KRL Jogja – Solo yang menghubungkan kota Solo dengan Yogyakarta dan Tol Trans Jawa yang dapat memudahkan warga solo jika ingin ke kota Semarang dan Yogyakarta dengan lebih cepat. Selain itu, kota Solo juga terkenal sebagai kota batik yang masih kental dengan budaya atau tradisi Jawa sehingga menimbulkan suasana yang nyaman dan asri. Sehingga kota Solo cocok untuk dijadikan tempat tinggal/hunian.

  1. Palembang, Sumatera Selatan

palembang kota ternyaman pindahan angkut

Palembang menduduki peringkat kedua dalam predikat kota ternyaman di Indonesia yang dilansir dari penelitian Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) 2021 dengan nilai perolehan sebesar 66,6 persen. Kota yang terkenal dengan jembatan Ampera ini memiliki luas wilayah sebesar 400,6 km² dengan jumlah penduduk sebesar 1,843.000.000 Jiwa (2019). Pada tahun 2018 kota Palembang terpilih sebagai salah satu kota di Indonesia yang menjadi tempat berlangsungnya acara ASEAN GAMES 2018. Tidak hanya ASEAN GAMES 2018 sebelumnya kota Palembang sering dijadikan sebagai penyelenggara acara pagelaran olahraga lainnya. Oleh karena itu tentu infrastruktur yang ada di kota Palembang tidak perlu diragukan lagi.

  1. Balikpapan, Kalimantan Timur

balikpapan kota ternyaman pindahan angkut

Di posisi ketiga ada kota yang berasal dari Provinsi Kalimantan Timur yaitu kota Balikpapan. Kota yang terkenal dengan maskotnya yaitu beruang madu. Pemandangan pantai di sepanjang kota Balikpapan menjadi daya tarik penduduknya. Tidak hanya itu, ketika kota lain sulit mencapai target RTH sebesar 30% justru kota Balikpapan sudah melebihi target tersebut.  Kota balik papan juga pernah menyabet predikat sebagai kota paling dicintai di dunia versi world wildlife fund (WWF) mengalahkan 43 kota lain di dunia pada tahun 2015 lalu.

  1. Denpasar, Bali

denpasar bali kota ternyaman pindahan angkut

Kota yang sangat terkenal akan keindahannya ini juga termasuk dalam rekomendasi tim Angkut sebagai kota ternyaman di Indonesia yang cocok jadikan untuk tempat hunian. Baik warga lokal hingga mancanegara sangat menyukai kota Denpasar. Kota ini juga meraih perolehan sebesar 65,5% sebagai predikat kota ternyaman di Indonesia menurut Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP). Pada tahun 2019 juga pernah menduduki peringkat ke-9 sebagai kota terbersih di dunia versi travelsupermarket.com. Selain itu, keindahan pantai Sanur juga menjadi daya Tarik dari kota Denpasar yang dekat dengan pusat kota. Jika ditempuh dari bandara Ngurah Rai hanya sekitar 30 menit saja.

  1. Tangerang Selatan, Banten

tangerang selatan kota ternyaman pindahan angkut

Kota Tangerang Selatan sebenarnya adalah kota hasil pemekaran dari kabupaten Tangerang yang terletak di provinsi Banten. Pada tahun 2008 kota ini akhirnya diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia yaitu bapak Mardiyanto menjadi kota Tangerang Selatan. Walau terbilang sebagai kota yang cukup baru dibanding kota lainnya di Indonesia, kota Tangerang Selatan berhasil memperoleh nilai 65,4% pada penelitian Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) dalam kategori kota ternyaman di Indonesia. Jumlah penduduk dari kota ini sebesar 1.800,000 jiwa dengan luas wilayah sebesar 147,2 km2. Infrakstruktur kota Tangerang Selatan sangat berkembang pesat sehingga kebutuhan sehari-sehari di kota ini sangat terfasilitasi dengan baik dan jarak tempuh ke ibukota Jakarta juga lumayan dekat. Oleh karena itu, kota ini cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan suasana seperti kota Jakarta namun tetap ada banyak ruang terbuka.

Demikianlah 5 kota ternyaman di Indonesia yang cocok untuk dijadikan hunian. Rekomendasi ini berdasarkan dari tim ANGKUT dan peringkat kategori kota ternyaman di Indonesia versi IAP (Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia) 2021. Dan apabila kamu membutuhkan jasa pindahan tempat hunain, ANGKUT akan menjadi solusi terbaiknya. Pesan ANGKUT untuk pemudahan pindahanmu. Karena ANGKUT akan membantu dengan layanan terbaiknya. ANGKUT juga akan memberikan diskon 10% untuk pengguna pertama aplikasi ANGKUT. Untuk info lebih lanjut, klik tautan berikut!

Share on