load

Dunia Logistik Mengalami Penurunan Omset!

imgGif

Pertumbuhan ekonomi dunia Sebagian besar ditopang oleh negara besar/adidaya seperti Amerika, Tiongkok dan lain-lain, ekonomi Indonesia juga dipengaruhi pertumbuhan negara Adidaya tersebut. Dengan adanya wabah virus COVID-19 negara Adidaya tersebut mengalami penurunan ekonomi yang signifikan. Kelumpuhan yang terjadi pada sebagian besar ekonomi Tiongkok menyebabkan pemasokan pada rekan kerja Tiongkok di seluruh dunia terganggu. Pada 2018 total transaksi Indonesia dengan Tiongkok mencapai 20% dari keseluruhan total perdaganan Tiongkok dengan seluruh dunia, dinilai mencapai US$72,66 miliar. Dalam transaksi tersebut US$45,54 milyar merupakan bahan baku impor.

Penurunan pesat impor bahan baku dari China berpengaruh pada produksi industri manufaktur di Indonesia. Hal ini mengarah dan berdampak pada usaha logistik yang ada di Indonesia. Banyaknya perusahaan yang tutup dan membatasi masuknya pekerja juga mempengaruhi usaha logistik. Dari perputaran muatan yang memilik tingkat permintaan tinggi menurun dan mengakibatkan banyak usaha logistik yang tidak dapat bergerak/beroperasi.

Dikarenakan wabah pandemi virus Corona, banyak wilayah Indonesia yang mengalami pembatasan jalur pengiriman, banyak akses jalan ditutup. Sektor-sektor barang selain sembako, makanan, minuman dan alat kesehatan menurun drastis. Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menyatakan bahwa pertumbuhan logistik untuk tahun ini akan stagnan (0%) dibanding raihan tahun lalu yang mencapai 7-9%.

Angkut akan hadir sebagai penghubung antara pemilik barang (Shipper) baik Customer Corporate (pabrik-pabrik besar) dan juga End User (instant courier) kepada para pemilik kendaraan dengan drivernya. Beberapa customer corporate akan bekerja sama dengan Angkut untuk mendistribusikan barang-barang hasil produksinya. Ini adalah peluang untuk para transporter dan driver bergabung menjadi mitra kami.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan dan terkendala akan kepastian mendapat muatan, Angkut akan membantu Anda menghubungkan dengan para pemilik barang (Shipper Corporate dan End User).

Daftar sekarang! Jangan sampai kehabisan!
Klik link ini untuk mendaftar
Angkut: “Solusi Pengangkutan Anda”

“Meski Terpukul Akibat COVID-19”. Dailysocial.id. 16 Maret 2020. 21 April 2020.
< https://dailysocial.id/post/industri-logistik-terpukul-covid-19>